Jumat, 11 Juni 2010

500 Mobil Mewah Banjiri Makassar

 
 



Sedikitnya, 500-an mobil berkategori mewah kini memenuhi jalan-jalan di Makassar. Mobil mewah dengan harga di atas Rp 500 jutaan itu dimiliki oleh para pengusaha, politisi, dan birokrat. Lima tahun lalu, mobil sekelas Hammer H3 yang harganya sekitar Rp 1,5 miliar, hanya dimiliki oleh pengusaha dan politisi Golkar Nurdin Halid. Namun, tahun ini mobil Hammer sudah ada beberapa unit yang lalu lalang di jalan-jalan di Makassar.
Bahkan, mobil Porche seharga Rp 4 miliar, juga sudah ada di Makassar. Namun, pemiliknya, masih "malu-malu" diperkenalkan ke publik lewat media massa.

Business Banking Manager Bank Panin Makassar, Hudli Huduri, di Makassar, Jumat (11/5), mengatakan, tahun ini, Bank Panin membiayai pembelian sebuah sedan sport dua pintu New Porsche Panamera.
Mobil asal Jerman ini seharga Rp 4 miliaran, yang dibeli salah seorang pengusaha di Makassar. "Saya kira inilah mobil termahal di Makassar. Kalau Ferrari, belum ada yang lewat pembiayaan Bank Panin. Dan sepertinya belum ada Ferrari di Makassar," katanya.
Soal daya beli masyarakat Sulsel, banyak pihak yang terheran-heran. Daya beli yang tinggi ini pulalah yang mengundang para investor masuk ke daerah ini.
Pengembang perumahan papan atas di Indonesia yang masuk ke Sulsel, Grup Ciputra, bahkan terheran-heran saat rumah harga miliaran yang dipasarkan di  Citraland Celebes, juga "laris manis". Mereka mengaku tidak menduga bahwa rumah dengan harga miliaran bisa laku di daerah ini.

Pengusaha Properti
Pengusaha properti Muh Aras termasuk salah seorang kolektor mobil-mobil mewah di Makassar. Sosok yang akrab disapa Opa ini memiliki sejumlah mobil mewah yang diparkir di kedamannya.
Di antara sekian kendaraan pribadi mewah miliknya, Opa Aras menyebutkan tiga mobil paling mahal miliknya, di antaranya mobil New Lexus, Hammer, dan All New Pajero.
New Lexus miliknya berharga Rp 2,3 miliar, Hammer Rp 1,5 miliar, dan All New Pajero Rp 1,3 miliar.
Tiga mobil itu, menurut Opa, masih bisa dihitung dengan jari pemiliknya di Makassar. Ketiga mobil tersebut baru dimiliki masing-masing oleh tiga orang.
"Kalau Hammer dengan plat B (Jakarta) kalau tak salah memang sudah banyak beredar dan dimiliki kalangan elite Makassar," urainya di Makkah saat dihubungi melalui ponsel, Jumat (11/6) malam.
Di ruas jalan utama Makassar beberapa waktu terakhir makin banyak bersiweleran mobil-mobil mewah. Paling banyak dan menonjol seperti mobil Alphard.
Maraknya mobil mewah terutama diramaikan oleh mobil-mobil mewah dengan pelat Jakarta. Menurut Opa, kondisi itu wajar seiring tumbuhnya perekonomian daerah ini dan makin besarnya jumlah uang yang beredar di Sulsel.
Hal itu ditunjukan dengan banyaknya mega proyek yang dilksanakan di daerah ini dalam dua-tiga tahun terakhir. Hanya saja, tambahnya perkembangan yang sangat baik ini jangan lagi dinodai oleh aksi demo mahasiswa yang mengganggu pergerakan ekonomi Sulsel.

Data Samsat
Berdasarkan data yang dilansir Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Makassar dalam lima tahun terakhir (2006 hingga 2010), penjualan mobil mewah cukup tinggi di Makassar.

Jumlah mobil mewah yang terjual dalam lima tahun terakhir adalah 54 unit pada tahun 2006, naik menjadi 70 unit pada tahun 2007, naik lagi menjadi 115 unit pada tahun 2008, lalu menjadi 241 unit pada tahun 2009. Dan dalam lima bulan terakhir (Jan-Mei 2010) mobil mewah yang terjual 33 unit. Itu berarti total mobil mewah yang ada di Makassar sedikitnya 513 unit.
Peningkatan penjualan mobil mewah terlihat di tahun 2009, yang meningkat dua kali lipat dibanding tahun 2008. Itu yang terdata di Samsat Makassar sebab cukup banyak konsumen yang membeli langsung di Jakarta sehingga terdata di Samsat Jakarta, bukan di Samsat Makassar.
Sayang, pihak samsat enggan memberikan informasi lebih detail mengenai mobil mewah ini. Demikian juga Dispenda Sulsel. "Kalau untuk tipe mobil kami tak punya data lebih rinci berapa unit," kata Administratur Pelayanan Samsat, Firdaus Romo.
Mobil mewah yang terdata di Samsat untuk tahun 2010 antara lain Hammer H3 sebanyak tiga unit, Chrysler Wrangler satu unit, Mazda RX8 sebanyak satu unit, Hyundai Coupe dua unit, Toyota Alphard tiga unit, Toyota Land Cruiser dua unit,  Toyota Harrier satu unit, dan Honda Odyssey tiga unit.

Sedangkan pada tahun 2009 antara lain Volvo S80 satu unit, Toyota Crown satu unit, Mercedes Benz S 500 satu unit, BMW 325 CL satu unit, Mercedes Benz CLK 240 sebanyak 1 unit, Mercedes Benz E300 satu unit, Mercedes Benz SL500 satu unit, Mazda RX8 sebanyak tiga unit, Mitsubishi Pajero 14 unit, Hummer H3 dua unit, dan Toyota Land Cruiser tujuh unit.

Sementara total mobil yang terjual di Makassar sejak tahun 2006 hingga 2010 masing-masing 5.862 unit, 7.599 unit, 10.545 unit, 9.305 unit, dan 4.938 unit.
Diperkirakan, puluhan bahkan ratusan mobil mewah lainnya sudah berada di Makassar. Namun, mobil tersebut belum tercata di Samasat. Sejumlah pemilik mobil mewah yang dihubungi Tribun meminta namanya tidak disebutkan."Tidak enak. Jangan sampai malah bikin repot," kata salah seorang pemilik Hammer 3.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Clouds by Taman Wisata Puncak Bila

Roy Tanck's Flickr Widget requires Flash Player 9 or better.

See on my flickr.com

BIDIK LENSA by 2leep.com

INFORMASI
gambar disini hanya dikhususkan untuk kalangan penggiat foto atau fhotographer



HALAL BI HALAL KE-5

PLAYLIST

:::